Senin, 17 Desember 2012

MAKALAH INTERNET


MAKALAH INTERNET



  

Kelas B S1 Keperawatan
Anggota kelompok :

1.      ANGGA KURNIAWAN
2.      SAM AYU VIDYA ASTUTI
3.      PRATIWI ALWI
4.      LAILATUS SA’ADAH
5.      IMAM FATONI
6.      SUBEKTI LATIF
7.      OKTALIA SANDI NUGRAHA
8.      BAYU NOVA PRADANA
9.      MUHAMMAD MUHLASIN
10.  ACHMAD FACHRUR RIZAL

                                

STIKES PEMKAB JOMBANG
TAHUN AJARAN 2012-2013









KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah, inayah serta nikmat yang telah diberikan kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Internet”
Penulis menyadari bahwa tanpa bantuan dari semua pihak penulisan makalah ini tidak akan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan hingga terselesainya makalah ini, khususnya kepada dosen pembimbing.
Penulis berusaha sekuat tenaga untuk menyelesaikan makalah ini semaksimal mungkin, akan tetapi kami juga tidak mengelak bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, saran dan kritik yang bersifat membangun dari berbagai pihak senantiasa kami harapkan untuk menyempurnakan pembuatan makalah ini dimasa mendatang.
Penulis berharap semoga Allah SWT senantiasa memberikan ridha’Nya sehingga makalah ini .dapat bermanfaat bagi semua pihak umumnya dan yang menulis khususnya.



Jombang, 15 Oktober 2012


      Penulis







DAFTAR ISI

Halaman Judul  ........................................................................................................ i
Kata Pengantar  ....................................................................................................... ii
Daftar Isi  ............................................................................................................... iii
Bab I Pendahuluan................................................................................................... 1
1.1  Latar Belakang............................................................................................. 1           
1.2  Rumusan Masalah ....................................................................................... 1
1.3  Tujuan.......................................................................................................... 1           
Bab II Pembahasan.................................................................................................. 2
2.1  Pengertian Internet............................................................................... ....... 2
2.2  Sejarah internet Dunia.................................................................................. 2
2.3  Sejarah Internet Indonesia.................................................................... ....... 4
2.4  Internet masa kini......................................................................................... 4
2.5  Istilah dalam internet.................................................................................... 5
2.6  Pemrogaman internet.................................................................................. 11
2.7  Intrnet dalam dunia pendidikan................................................................. 15
Bab III Penutup ............................................................................................... ..... 19
3.1  Kesimpulan  ......................................................................................... ..... 19
3.2  Saran .......................................................................................................... 19












BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pada zaman yang modern ini internet sudah tidak asing lagi terutama dikalangan siswa atau mahasiswa. secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain (melalui dunia maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa berkomunikasi, bertransaksi (bisnis) melalui internet. Dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat jika kita berada di dalam dunia maya ini.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian internet?
2.      Bagaimana Sejarah Internet dunia?
3.      Bagaimana sejarah internet Indonesia?
4.      Apa saja istilah dalam internet?
5.      Bagaimana pemrograman internet?
6.      Bagaimana peran internet dalam dunia pendidikan?

1.3  Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian internet
2.      Untuk mengetahui Sejarah Internet
3.       Untuk mengetahui cara penggunaan internet








BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Pengertian Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain (melalui dunia maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa berkomunikasi, bertransaksi (bisnis) melalui internet. Dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat jika kita berada di dalam dunia maya ini.

2.2    Sejarah internet Dunia
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.
Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua.
Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.
Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau eretail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
2.3    Sejarah Internet Indonesia
Beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia yang mungkin kurang banyak dikenal oleh khalayak Internet Indonesia di tahun 2000 ini antara lain RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto merupakan nama-nama legendaris yang masing-masing personal tersebut telah mengkontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.
Negara dengan akses internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalur lebar – Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalur lebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC masih juga rendah lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses internet adalah di kampus dan dikantor.

2.4    Internet Masa Kini
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board – IAB). Protokol-protokol internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.
Beberapa layanan populer di internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, perkongsian file (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui internet dimungkinkan untuk berkonikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger.
Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem Tertutup(?) (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella. Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette

2.5    Istilah Dalam Internet
Banyak sekali istilah-istilah yang ada dalam Internet. Bagi mereka yang baru mengenal internet pasti belum begitu paham tentang istilah dalam komputer.
Beberapa istilah dalam internet antara lain :
-    E-Mail
Surat menyurat melalui internet, pengguna dapat saling bertukar berita, berita tersebut dikumpulkan dalam satu file untuk pengamatan berupa mailbox.
-    E-Mail Address
Alamat yang dipakai pada proses pengiriman e-mail ke tujuannya, alamat tersebut berdasarkan DNS.
-    Access
Kegiatan mengambil atau menyimpan data atau ke memori atau ke disk drive.
-    Attachment
Fasilitas pada sebuah program email baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirim file atau gambar yang diikut sertakan pada sebuah email yang akan dikirim.
-    Attach
Perintah untuk melacak dan memasukkan dokumen web sekalipun kita menggulung scroolbar sampai ke akhir dokumen.
-    Banner
Bagian yang tidak bergerak pada layer sekalipun kita mengulung dokumen.
-    Blog
Blog atau weblog adalah tren gaya hidup digital yang kian berkembang, hari demi hari. Di Internet, blog disediakan gratis untuk siapa saja. Termasuk desain, hosting hingga berbagai fungsi tambahan yang mempermanis tampilan blog. Gratis dan mudah diaplikasikan.
-    Body
Suatu Tag HTML yang digunkan untuk membuka dan menutup semua isian (text,grafik,dan lain lain) dalam dokumen HTML.
-    Browse
Perintah dalam lingkungan windows untuk menampilkan isi disk.
-    Browser
Program aplikasi yang digunakan untuk browsing.
-    Browsing
Aktivitas penjelajahan beberapa situs di internet.
-    Chatt
Layanan percakapan online berbasis text yang biasa digunakan pengguna internet untuk berbicara dengan pengguna lain.
-    Counter
Sebuah script (program) yang menghitung jumlah pengunjung website secara otomatis.
-    Cyberscape
Istilah yang berhubungan dengan kumpulan komputer yang data elektroniknya dapat diakses, jika komputer berhubungan dengan internet atau jaringan besar lainnya.

-    Dial
Proses terhubungnya komputer ke suatu stasiun atau sebuah alamat internet melalui saluran komunikasi.
-    Dial-up
Jenis komunikasi yang menggunakan modem dan saluran telepon untuk bias berhubungan atara komputer yang satu dengan komputer lain atau bisa diartikan provider internet memanfaatkan saluran telepon sebagai saluran utamanya.
-    Dial-up Line
Jalur komunikasi yang digunakan pada proses dial up terutama jaringan umum atau jaringan telepon biasa.
-    Disconnect
Istilah untuk menyatakan pemutusan hubungan dengan saluran komunikasi atau keadaan tidak terhuubung dengan jaringan manapun.
-    Download
Mengambil file dari satu komputer ke komputer lain.
-    Error message
Pesan yang muncul ketika ditemukan kesalahan pada saat menjalankan suatu program
-    Eudora
Program aplikasi layanan e-mail di internet
-    Failure
Pernyataan yang menunjukan bahwa alat terkait tidak berjalan semestinya.
-    Flame
Pesan dalam e-mail yang berisi kritikan atau pendapat biasanya dikirim pengguna internet ke seorang atau sebuah newsgroup sebagai sel ekspresi kesalahan karena adanya pelanggaran di internet.
-    Freeware
software yang didistribuskan gratis kepada pemakai.
-    Front Page/Namo WebEditor/Macromedia Dreamweaver
Software pengembangan web (program pembantu untuk membuat dokumen html).
-    Gif
Format file untuk menyimpanan data berupa gambar.
-    Google
Nama search engine di internet.
-    Guest Book
Fasilitas interaktif dalam sebuah hal web yang mengizinkan pengunjung untuk menulis pesan.
-    Hacker
Istilah untuk menyebut orang yang merusak system orang lain untuk sekedar iseng tanpa memperoleh apapun dari tindakannya tersebut.
-    Homepage
Halaman pertama dari suatu website
-    Html
Singkatan dari Hypertext Markup Language. Format dokumen yang digunakan dalam www (world wide wibe)
-    Http
Bagian dari suatu url yang mengidentifikasikan lakasi sebagai satu yang digunakan oleh html.
-    Hyperlink
Link atau sambungan ke sumber lain(bisa berupa file atau halaman yang berbeda).
-    Internet
Sebuah jaringan seluas dunia dengan lebih dari 100 juta pengguna
-    Internet Provider
Suatu sistem yang menyediakan layanan hubungan ke internet, seperti telkomnet, meganet, radnet, globalnet.
-    Intranet
Sumber daya informasi yang digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi, atau perusahaan dengan menggunakan jaringan komputer yang ada.


-    IP
Ip adalah internet protocol suatu bentuk dari pengisian dan pengamatan paketpaket informasi yang dikirim dalam internet.
-    Ip Address
Sebuah pengindentifikasikan untuk sebuah computer atau perangkat pada jaringan TCP/IP. Atau dapat diartikan sebagai alamat numeric dari sebuah computer di internet, ip address sama fungsinya dengan nomor telepon kita di rumah.
-    Internet Explorer
Suatu browser web gratis terkenal yang diproduksi oleh Microsoft
-    Irc
Irc (internet relay chat) sebuah layanan yang dapat berkomunikasi antara orang yang satu dengan yang lain.
-    ISP
Isp (internet sevice provider) adalah perusahaan yang menawarkan dan menyediakan layanan jasa akses internet ke kalangan umum dengan mengenakan biaya. Contoh dari isp adalah telkomnet, indosat, centrin, cbn, wasantara. 
-    Link
Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain misalnya dalam system networking atau internet.
-    LAN
Lan (local area networking) adalah sebuah jaringan yang berdiri sendiri biasanya pada sebuah kantor atau perusahaan.
-    Log In
Proses masuk kedalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.
-    Log out
Keluar atau menutup sama artinya dengan sign out.
-    Mailing List
Sebuah forum diskusi di internet dengan menggunakan e-mail satu pesan dari seseorang anggota akan diterima oleh semua anggota.
-    Member
Anggota member id merupakan identitas anggota,member name,nama anggota.
-    Netscape
Browser graphical komersial terkenal
-    Network
Sekelompok komputer yang terhubung yang biasa saling berbagi sumber daya, seperti printer,atau modem,dan data.
-    Newslatter
Lembar warta semacam bulletin di internet, atau dapat diartikan sebagai lembar warta yang disebarluaskan melalui e-mail dengan tata letak menyerupai halaman web.
-    Page Wizard
Langkah-langkah yang diberikan secara berurutan untuk membimbing dalam pembuatan sebuah halaman web.
-    Provider
Perusahaan yang biasa melayani pembuatan website mengatur penempatan di dunia cyber termasuk juga maintenance dan penyedia akses internet juga membantu dari segi promosi agar website tersebut banyak dikunjungi para pengguna internet.
-    Search Engine
Sebuah fasilitas web yang bias mencari link dari situs lain.
-    Send mail
Untuk menerima e-mail dari luar maupun dari system setempat dan mengirimkannya ke tujuan.
-    Server
Sebuah computer di internet atau jaringan yang menyimpan file dan membuat file tersebut tersedia untuk diambil jika diperlukan.
-    Sign In
Mendaftarkan diri menjadi member.


-    Situs
Sebuah computer yang terhubung oleh internet dan menyajikan informasi atau layanan seperti newsgroup,e-mail, atau halaman web.
-    Spam
Pesan tidak diinginkan yang masuk melalui e-mail bias berupa pesan yang tak berarti.
-    Submit
Mengirim form yang telah terisi ke dalam server web.
-    Teleconfrencing
Konfrensi jarak jauh atau komunikasi interaktif antara tiga orang atau lebih yang terpisah jauh secara geografis.
-    Url
Uniform resource locator sebuah alamat yang menunjukan rute ke file pada web atau pada fasilitas internet yang lain,url biasanya diketikkan pada browser untuk mengakses suatu situs web.
-    Website
Suatu koleksi dokumen html baik pribadi atau perusahaan dalam server web,biasanya sebuah server web berisi lebih dari satu situs.
-    WWW
World wide wibe servis internet yang dapat terkoneksi dengan dokumen multimedia bersama hyper text.

2.6    Pemrograman internet (website / situs)
Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.
Untuk membangun situs diperlukan beberapa unsur yang harus ada agar situs dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Unsur-unsur yang harus ada dalam situs antara lain:

Domain Name
Domain name atau biasa disebut nama domain adalah alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL.
Ada banyak macam nama domain yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan. Berikut beberapa nama domain yang sering digunakan dan tersedia di internet :
a.      Generic Domains (gTLDs)
Merupakan domain name yang berakhiran dengan .Com .Net .Org.Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut top level domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar.
§  .com       : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan “commercial”.
§  .edu        : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education)
§  .gov        : merupakan domain untuk pemerintahan (government)
§  .mil         : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)
§  .org        : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).
b.      Country-Specific Domains (ccTLDs)
Yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp (Jepang) dan lain lain. Domain ini dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut berbeda tergantung pengguna dan pengunaannya
Ø  Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.
Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte). Lama penyewaan hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.
Ø  Scripts Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan.
Beragam scripts saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis jenis scripts yang banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan ASP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs. Scripts ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli dari para penjual scripts yang biasanya berada di luar negri. Harga Scripts rata-rata sangat mahal karena sulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta. Scripts ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.


Ø  Web Design
Setelah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web site. Untuk membuat situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas designer.
Ø  Publikasi
Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.
Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang efektif dan sangat terbatas. cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine – search engine (mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search Indonesia, dsb).
Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search engine dan dikenal oleh pengunjung.
Ø  Pemeliharaan Web Site atau Situs
Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau monoton, juga akan segera ditinggal pengunjung. Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan (tidak rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel, organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.

2.7    Internet dalam Dunia Pendidikan
Penggunaan Internet berawal dari institusi pendidikan dan penelitian Amerika Serikat. Sejak tahun 1995 Internet mulai digunakan untuk kepentingan bisnis. Di luar negeri, Internet ini sering diasosiasikan dengan perguruan tinggi, sementara di Indonesia, Internet lebih diasosiasikan dengan bisnis (Internets Service Provider (ISP), e-commerce dan hiburan.
Manfaat Internet Bagi Pendidikan
Masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan di seluruh dunia adalah akses sumber informasi yang sangat sulit. Perpustakaan konvensional yang merupakan sumber informasi sangat sulit dijangkau karena jumlahnya sangat terbatas dan dengan terbatasnya ketersediaan buku. Buku-buku dan jurnal harus dibeli dengan harga mahal sehingga ilmu (dalam hal ini sumber informasi) menjadi sangat sulit ditemukan dan terkesan mahal. Keberadaan internet mampu mengubah semua itu, karena kita dapat mengakses sumber informasi dengan begitu mudah dan tidak terbatas jumlahnya. Tetapi patut disayangkan karena di negara kita Indonesia, internet masih sangat mahal.
Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi konvensional (perpustakaan) lebih berat dibanding dengan tempat lain. Adanya Internet seharusnya menjadi salah satu solusi pamungkas untuk mengatasi masalah ini.
Internet dapat digunakan dalam proses belajar mengajar terutama dalam perkuliahan. Dengan kecanggihan internet memungkinkan seorang dosen atau guru tidak harus datang ke kelas untuk menyampaikan materi tetapi cukup dilakukan melalui internet misalnya dengan menggunakan teleconference. Internet bisa saja mengabaikan jarak, sehingga ketika kita butuh informasi dari seorang pakar di luar negeri dengan segera kita dapatkan.

Permasalahan internet untuk pendidikan
Penerapan internet dalam dunia pendidikan di Indonesia masih menemui banyak kendala, baik dari segi fasilitas maupun ketersedian sumber saya manusia serta ketersediaan sumber informasi yang dibuat oleh anak bangsa. Beberapa permasalahan yang kita hadapi adalah:

Akses Internet masih mahal
Meskipun sudah tersedia, akses ke Internet sangat mahal sehingga masih sangat sulit dijangkau oleh semua kalangan terutama insan pendidikan. Namun hal ini diharapkan akan menjadi lebih murah di masa yang akan datang. Diharapkan akselerasi penurunan harga menjadi fokus utama Pemerintah. Mekanisme lain adalah adanya subsidi dari pemerintah untuk institusi pendidikan. Saat ini sudah diprogramkan oleh pemerintah dalam bentuk JARDIKNAS (Jaringan Pendidikan Nasional) yang kabarnya akan didistribusikan dan dapat menjangkau semua sekolah. Ini tentu saja tidak mudah tetapi dilakukan secara bertahap.

Akses Internet masih susah diperoleh.
Salah satu solusi untuk layanan Internet adalah tersedianya warung internet (warnet) yang menyediakan jasa layanan internet. Tetapi keberadaan warnet pun tidak merata di seluruh Indonesia yang terfokus pada daerah perkotaan saja. Sementara di daerah-daerah, akses internet masih merupakan sebuah masalah karena fasilitas warnet masih terbatas bahkan masih ada daerah yang tidak memiliki warnet. Kondisi ini diperparah dengan belum terjangkaunya seluruh daerah oleh jaringan telpon yang bisa digunakan untuk mengakses internet.

Kurangnya penguasaan bahasa Inggris
Internet didominasi oleh bahasa Inggris termasuk informasi-informasi yang kita butuhkan dalam dunia pendidikan terutama sumber informasi yang akan digunakan dalam pembelajaran. Kondisi inilah yang menjadi penghambat akses informasi melalui internet karena dibutuhkan penguasaan bahasa inggris yang baik, sementara kita sadari bahwa masyarakat Indonesia yang menguasai bahasa global ini masih sangat terbatas atau kalau tidak mau dikatakan langka.

Tenaga Kependidikan Belum Siap
Dasar untuk pengoperasian layanan internet adalah keterampilan komputer. Hal ini menjadi sebuah permasalahan yang sangat mendasar karena masih tenaga kependidikan yang belum mahir mengoperasikan komputer, sehingga sangat sulit untuk menggunakan layanan internet. Hal ini bisa diatasi dengan menggalakkan pelatihan untuk pengoperasian komputer dan internet.

Apa yang harus Dilakukan?
Penggunaan internet dalam dunia pendidikan masih sangat jauh dari harapan. Perlu perhatian dari beberapa pihak terutama pemerintah dan tenaga kependidikan untuk membenahi diri dalam rangka penguasaan produk teknologi dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Perhatian pemerintah sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan ini. Tetapi hal ini bisa saja berbenturan dengan penerapan otonomi daerah karena daerah sendiri yang memiliki otoritas untuk pengembangan daerahnya walau pun tidak serta merta pemerintah pusat lepas tangan.
Beberapa daerah khususnya di Sulawesi Selatan telah menerapkan penggunaan internet di sekolah dan pengelolaan administrasi secara online. Pemerintah daerah melakukan kerjasama dengan pihak swasta untuk pengembangan pendidikan melalui akses internet dan pengelolaan administrasi online. Salah satu instansi swasta yang getol melakukan pengembangan dunia pendidikan dengan akses internet adalah Sistem Sekolah Cerdas Indonesia (SSCI) yang telah menerapkan kerjasama dengan Kota Makassar, Kota Parepare, Kabupaten Bantaeng. Ini merupakan angin segar untuk dunia pendidikan. Semoga daerah-daerah lain melakukan hal yang sama sehingga tidak seorang manusia indonesia pun yang tertinggal dalam dunia Teknologi Informasi.




















BAB III
PENUTUP

3.1    Kesimpulan
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.
Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses internet. Kita bisa menjelajah ke negara lain (melalui dunia maya tentunya) tanpa harus pergi kesana. Kita juga bisa berkomunikasi, bertransaksi (bisnis) melalui internet. Keberadaan internet mampu mengubah semua itu, karena kita dapat mengakses sumber informasi dengan begitu mudah dan tidak terbatas jumlahnya, dan masih banyak lagi manfaat yang kita dapat jika kita berada di dalam dunia maya ini.
Penerapan internet dalam dunia pendidikan di Indonesia masih menemui banyak kendala, baik dari segi fasilitas maupun ketersedian sumber saya manusia serta ketersediaan sumber informasi yang dibuat oleh anak bangsa. Beberapa permasalahan yang kita hadapi adalah:
1.      Akses internet masih mahal
2.      Akses internet masih susah diperoleh
3.      Kurangnya penguasaan bahasa Inggris
4.      Tenaga pendidik belum siap
Dengan kecanggihan internet memungkinkan seorang dosen atau guru tidak harus datang ke kelas untuk menyampaikan materi tetapi cukup dilakukan melalui internet misalnya dengan menggunakan teleconference. Internet bisa saja mengabaikan jarak, sehingga ketika kita butuh informasi dari seorang pakar di luar negeri dengan segera kita dapatkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar